Sejarah Baru Tercipta, Pemdes Kopyah Sukses Selenggarakan Mapag Sri

Camat Anjatan dan Kuwu Kopyah saat melepas peserta pawai Mapag Sri Desa Kopyah Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu Senin (09/09/2022)

KECAMATAN ANJATAN _ Mapag Sri adalah salah satu adat/budaya masyarakat Indonesia khususnya Jawa dan Sunda yang dilaksanakan untuk menyambut datangnya panen raya sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.

Mapag Sri apabila ditilik dari bahasa Jawa halus mengandung arti menjemput padi. Dalam bahasa Jawa halus, mapag berarti menjemput, sedangkan sri dimaksudkan sebagai padi. Maksud dari menjemput padi adalah panen. Mapag Sri dilaksanakan dengan maksud sebagai ungkapan rasa syukur para petani kepada Tuhan Yang Maha Esa karena panen yang diharapkan telah tiba dengan hasil yang memuaskan.

Hal itu terlihat di Desa Kopyah Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu yang menggelar kegiatan adat Mapag Sri yang dihadiri secara langsung oleh Camat Anjatan Rory Firmansyah. Kegiatan ini diawali dengan doa bersama dilanjutkan dengan mengarak Gunungan Hasil Bumi berkeliling Desa Kopyah, Jum’at (09/09/2022).

Kuwu Kopyah Ramli menjelaskan, adat dan budaya Indonesia sangat beranekaragam, karena begitu banyak warisan dari para leluhur kita.

“Kita sebagai generasi penerus sudah sepantasnya dan sepatutnya untuk melanjutkan tradisi adat dan budaya yang dari dulu telah ada, karena hal tersebut merupakan bagian dari pembentukan karakter dan jati diri kita.” ujarnya

Kuwu Ramli menambahkan, Desa Kopyah baru pertama kali mengadakan acara Gunungan Hasil Bumi dalam rangka memperingati Mapag Sri mudah-mudahan kedepan dapat rutin melaksanakan kegiatan seperti ini.

“Acara ini merupakan bentuk syukur kita kepada Allah SWT serta menjalin tali silaturahmi antar warga masyarakat sehingga tercipta kondisi yang saling asah asih dan asuh.” tambahnya

Sementara itu, Camat Anjatan Rory Firmansyah mengataka selamat kepada masyarakat Desa Kopyah yang telah menikmati hasil panen. Acara ini merupakan hal baik yang harus diteruskan oleh generasi penerus. Banyak keuntungan yang didapat dari kegiatan seperti ini bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, bersilaturahmi dengan masyarakat, dan lain sebagainya. Tidak lupa juga menyampaikan salam dari Bupati Indramayu Ibu Hj Nina Agustina Da’i Bachtiar untuk seluruh masyarakat Desa Kopyah.

Rangkaian Mapag Sri ini dari hari Jum’at sampai Minggu, selain mengadakan arakan Gunungan Hasil Bumi juga diadakan lomba bola voli, dan acara seni pertunjukan wayang kulit. (Rio)

Scroll to Top